DMCA

Pelaporan dan Prosedur DMCA
Terkait Pelaporan dan Prosedur Klaim Pelanggaran Hak Cipta Sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta Digital Millennium (DMCA)
https://www.AhliNesia.com (AhliNesia) bersedia untuk menanggapi adanya tuduhan pelanggaran hak cipta sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta Digital Millennium atau Digital Millennium Copyright Act (DMCA).

Dalam UU tersebut juga diatur pula tentang proses yang dapat ditempuh oleh para pemegang hak cipta untuk memberitahukan (melaporkan) adanya dugaan pelanggaran hak cipta ke penyedia layanan sebagai pelapor.

Dengan adanya pelaporan DMCA yang sah, maka kami sebagai penyedia layanan akan memberikan respon dengan menghapus konten yang dimaksud. Dalam proses penghapusan konten di bawah DMCA ini, AhliNesia dapat mengambil sejumlah langkah yang wajar guna menghubungi pihak pemilik yang kontennya bermasalah tersebut sehingga dapat mengajukan sanggahan.

Pada umumnya, ketika pemilik konten yang bermasalah tersebut mengajukan sanggahan yang sah, maka AhliNesia dapat mengembalikan konten tersebut. Terkecuali apabila ada pemberitahuan akan adanya langkah hukum yang diambil oleh pelapor yang diperkuat dengan perintah pengadilan untuk menahan terduga pelaku pelanggaran hak cipta tersebut untuk mencegah kegiatan yang melanggar.

AhliNesia dapat memberikan salinan pemberitahuan ini pada pihak yang terlibat sengketa maupun pihak ketiga lain dengan pertimbangan kami sendiri ataupun seperti apa yang telah dipersyaratkan oleh hukum yang belaku. Kebijakan privasi AhliNesia tidak mencakup informasi yang tersurat dalam pemberitahuan tersebut.

Catatan
Khusus untuk menginformasikan kepada AhliNesia bahwa hak cipta Anda mungkin dilanggar. Seluruh permintaan lain, mulai permintaan bantuan teknis, pelaporan penyalahgunaan email dan laporan pembajakan tidak akan ditanggapi melalui proses ini.

Pelaporan
Apabila Anda meyakini bahwa karya Anda telah disalin atau diunggah ke situs kami melalui cara yang termasuk sebagai tindakan pelanggaran hak cipta, Anda dapat menghubungi kami di:

Perwakilan Hak Cipta AhliNesia
Bagian Legal
Email: cs.ahlinesia@gmail.com

Apabila yang menjadi perhatian Anda adalah konten yang diunggah di situs web AhliNesia, harap diingat bahwa dengan menyerahkan, mengunggahatau menampilkan konten Anda pada situs kami, maka Anda juga menerapkan lisensi bebas royalti, non-eksklusif, di seluruh dunia, pada AhliNesia maupun pengguna akhir lain, seperti yang disebutkan pada Syarat Penggunaan.

Sementara bila konten yang Anda maksud belum diunggah situs AhliNesia, maka laporan tersebut harus menyertakan informasi diantaranya:

  1. Deskripsi konten ataupun karya yang diklaim bahwa hak ciptanya dilanggar. Apabila Anda bukanlah pemilik konten atau karya yang dimaksud, maka Anda harus menyertakan tanda tangan digital (elektronik) sebagai bukti otorisasi oleh pemilik hak cipta;
  2. Deskripsi letak konten, karya atau materi yang diklaim telah dilanggar dalam situs kami;
  3. Informasi detail yang memungkinkan AhliNesia untuk menghubungi Anda, antara lain alamat, nomor telepon, alamat email (jika ada) yang dapat dihubungi;
  4. Pernyataan yang menjelaskan bahwa Anda meyakini bahwa pemakaian konten, karya ataupun materi yang disengketakan yang dimaksud memang tidak diizinkan oleh pemegang hak cipta, agen atau menurut hukum;
  5. Pernyataan bahwa Anda bersumpah, bahwa informasi dalam laporan terkait DMCA tersebut akurat dan bahwa Anda merupakan pemegang hak cipta yang sah ataupun memiliki otorisasi atas nama pemegang hak cipta.

Setelah menerima laporan tertulis yang memuat informasi di atas, maka:

  1. AhliNesia dapat menghapus atau menutup akses ke konten, karya maupun materi yang diduga melanggar;
  2. AhliNesia mengirimkan pemberitahuan tertulis pada terduga pelanggar (“Pengguna”);
  3. AhliNesia dapat mengambil langkah wajar untuk memberi tahu kepada Pengguna bahwa konten, karya atau materi tersebut telah dihapus atau menutup aksesnya.

Sanggahan
Agar dapat berjalan efektif, maka Sanggahan harus berupa komunikasi secara tertulis yang diberikan kepada perwakilan AhliNesia mencakup hal berikut:

  1. Tanda tangan fisik ataupun digital Pengguna yang bersengketa;
  2. Identifikasi materi yang dihapus atau ditutup aksesnya dan posisi konten, karya atau materi tersebut muncul sebelum dihapus atau ditutup aksesnya;
  3. Pernyataan (di bawah sumpah) bahwa Pengguna meyakini bahwa konten, karya maupun materi tersebut sudah dihapus atau ditutup aksesnya dikarenakan suatu kesalahan atau kesalahpahaman terkait materi yang dimaksud;
  4. Nama, alamat dan nomor telepon Pengguna, dan pernyataan bahwa Pengguna tunduk pada yurisdiksi Pengadilan yang berlaku, dan bahwa Pengguna akan menyerahkan kuasa kepada pihak yang mengajukan laporan maupun perwakilannya.

Setelah menerima Sanggahan yang berisi berbagai informasi di atas, maka;

  • AhliNesia dapat memberikan salinan Sanggahan kepada Anda, pihak yang melapor;
  • AhliNesia akan memberitahukan bahwa Sanggahan tersebut akan menggantikan konten, karya atau materi yang dihapus atau menghentikan penutupan akses dalam sepuluh (10) hari kerja;
  • AhliNesia dapat mengganti materi yang dihapus atau embuka kembali akses konten, karya atau materi tersebut selama sepuluh (10) sampai empat belas (14) hari kerja pasca diterimanya Sanggahan, dengan catatan perwakilan AhliNesia belum menerima pemberitahuan Anda akan adanya perintah pengadilan untuk menahan atau mencegah Pengguna untuk terlibat dalam aktivitas pelanggaran yang berhubungan dengan materi di situs kami.

Penghentian Akun
AhliNesia (dalam kondisi tertentu) dapat menghentikan pemegang akun atau Pengguna Situs web AhliNesia jika yang bersangkutan terbukti secara sah dan meyakinkan sebagai pelanggar berulang. Apabila Anda meyakini bahwa Pengguna atau pemegang akun tersebut sebagai pelanggar berulang, silakan ikuti petunjuk di atas guna menghubungi perwakilan DMCA AhliNesia dan memberikan informasi yang memadai kepada kami untuk melakukan verifikasi.